Sekilas Tentang Air-Terjun Spiso-piso

Sekilas Tentang Air-Terjun Spiso-piso merupakan salah satu air terjun tertinggi di Sumatra Utara Indonesia. Berada di Desa Tongging, Kecamatan Merek, Kabupaten Karo, Sumatera Utara, air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 120 meter.

Sekilas Tentang Air-Terjun Spiso-piso

Sekilas Tentang Air-Terjun Spiso-piso

Lokasinya tepatnya berada di perbukitan yang dikelilingi hutan pinus di sekitar 800 mdpl. Kontur alam inilah yang kemudian menjadikannya sebagai tempat wisata alam yang digemari oleh wisatawan domestik maupun mancanegara.

Konon, nama Sipiso-piso diberikan oleh masyarakat sekitar. Debit air yang sangat deras menjadikannya air yang jatuh dari ketinggian begitu keras, sehingga menimbulkan kesan tajam ketika mengenai anggota tubuh layaknya sebuah pisau. Maka disebutlah sebagai air terjun Sipiso-piso.

Ada juga versi lain yang menyebutkan bahwa penamaan Sipiso-piso berasal dari nama Gunung Sipiso-piso yang letaknya tidak jauh dari air terjun ini.

Saat akan menuju Air Terjun Sipiso-piso yang berada di atas bukit, ada sebuah gardu pandang yang sering dijadikan sebagai spot untuk melihat pemandangan sekitar. Dari sini, wisatawan bisa melihat Air Terjun Sipiso-piso yang indah, bonusnya juga bisa melihat Danau Toba dan Pulau Samosir.

Berjalan kaki.

Setelah puas menikmati pemandangan dari gardu pandang, perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki dengan menuruni bukit yang curam dan harus melewati ratusan anak tangga. Tidak sedikit tenaga yang dikeluarkan untuk menuruni bukit ini. Apalagi waktu yang diperlukan bisa mencapai 40-60 menit.

Namun lelah perjalanan akan terbayar lunas dengan keindahannya. Menikmati panorama air terjun yang dikelilingi hutan pinus yang rimbun sambil diiringi suara gemuruh air terjun, menjadikan momen tersebut tenteram dan takjub!

Kawasan ini berjarak sekitar 100 km dari Kota Medan dengan jarak tempuh sekitar 3 jam perjalanan. Jika bertolak dari Berastagi, jaraknya 40 km dengan waktu tempuh sekitar 1 jam 10 menit.

Desa tongging

Di dekat Air terjun ada desa tongging biasanya juga wisatawan datang ke sana melihat desa dan mencicipi makanan udang di rumah makan yang telah di pesan sebelumnya, sebahagian rakyat di sana mengatakan itu lobster.

Desa togging
Taman bunga

Di dekat Air terjun Ada Taman bunga , sekalian kalau kamu ke sana tidak jauh dari situ.

Biasanya ke taman sapo juma bayar sekitar 20 ribu per orang nya, mungkin sekarang berubah lagi.

Terima kasih telah membaca artikel di atas

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *